Loading Pages

|









Kali ini rachmat mau nulis artikel sederhana tentang loading pages .
Pernah ada sobat blogger yang bilang " maaf, telat berkunjung karena koneksi internet lagi lelet, saya buka blog sobat ga k buka2".
Terimakasih buat sobat2 yang sudah memberikan informasinya, tentunya ini jadi bahan masukan bagi saya. Tak ada artinya web yang kontennya sebagus apa pun jika loading pages nya lama banget, bisa jadi visitor yang membutuhkan informasi cepat langsung membatalkan buka blog kita, kemudian beralih k blog yang lebih cepat loading pages nya.


Hal ini terjadi tentunya dipengaruhi oleh bandwith visitor yang beragam.
Ada yang koneksinya cepat ( diatas 1 mbps), lumayan ( diatas 512kbps), standar (384 kbps), kurang ( dibawah 60 kbps).

sudahkah anda berpikir sebagai visitors?

Bloggers tentunya sueneng bangetz saat blognya banyak dikunjungi maka traffic pun akan naik maka kita dapat lebih mudah mengikuti program affiliasi yang membutuhkan page rank yang tinggi.
namun terkadang kita tidak berpikir sebagai visitors.

Ilustrasinya seperti ini,
si X langganan ISP dengan Bandwith diatas 1 mbps, dia merasa sudah tidak ada masalah lagi dengan blognya, halaman blognya bisa dibuka kurang dari 1 menit bahkan hitungan detik.
si X adalah seorang blogger yang memiliki konten blog yang lengkap, dengan elemen blog yang lengkap , mulai dari cursor dimodifikasi, banyak iklan disana sini, banyak widget2 yang lengkap pokoknya deh. Namun setelah jalan beberapa minggu ngeblog si X bingung kok blognya jarang visitor nya?

sedangkan si Y langganan ISP dengan bandwith 60 kbps, dengan feature blog yang sederhana,
konten sederhana dan tampilan yang ga neko2. biarpun serba seadanya namun si Y meraih visitor yang cukup banyak.

nah suatu saat si X blogwalking kepada si Y, serta meminta si Y untuk berkunjung balik ke blognya, namun si X menganggap si Y somse karena tidak mau berkunjung balik, padahal si X tidak menyadari bahwa si Y sudah mencoba berulang2 membuka blog si X lebih dari 1 menit blognya ga kebuka2, bahkan hingga ditunggu sampe 5 menit lebih malahan error.

kejadian ini seharusnya tidak terjadi jika kita berpikir layaknya visitors yang memiliki bandwith pas2an banget (misalnya 60 kbps).

sebenarnya ada situs penyedia tes loading pages dari suatu blog yakni seocentro.com , namun alangkah baiknya jika kita coba sendiri dengan melakukan tes koneksi internet lewat hape yang kemampuannya pas2an juga (kurang dari 60 kbps ) .

Penyebab loading pages lama:
1. kebanyakan script yang memakan memori komputer.
2. koneksi internet sedang mengalami masalah misalnya koneksi internet yang lelet, kl yang ini banyak faktor, bisa jadi jumlah user online di jaringan sobat lagi padat2nya bisa juga karena adanya gangguan virus, baik dari sisi client maupun server.
3. Bandwith yang pas2an
4. webserver lagi sibuk
5. webserver sedang masa maintenance.
6. sobat kebanyakan buka situs (kl yang ini sih cumi2 ubanan juga tahu, hehe )

dan lain sebagainya :)

Tips dari rachmat untuk mempercepat loading pages (dari sisi visitor maupun blog authors),
1. kurangi dari kebanyakan script yang bertaburan (bagi anda blog authors)
2. kompress ukuran gambar yang diupload di blog sobat , kl sobat biasa pake photoshop pilih save for web, kl sobat pake gimp instal save for web plugin.
3. gunakan firefox 3.5.1 yang terbaru, setelah saya uji coba firefox dibandingkan browser2 yang lain inilah browser tercepat saat ini, terutama saat mode private browsing :)
4. bersihkan cache system serta history browser dengan ccleaner secara berkala
5. hindari terlalu banyak membuka tab halaman baru
6. baca di google reader jika sobat ingin lebih cepat buka blog serta hemat bandwith

kemarin saya coba membuka blog ini dengan hape ( hape pinjeman, hehe) , alhasil iklan dari adsense camp dan beberapa widget serta gambar ada yang tidak terlihat.

Saat saya coba test buka macem2 situs secara bersamaan hingga koneksinya tambah lelet maka blog therachmat hasilnya network connection time out, weqz ...













oleh karena itu rachmat terus melakukan improvisasi demi loading pages yang lebih cepat,
widget pun saya usahakan yang lebih baik loading timenya , untuk lihat visitor yang online aj sekarang rachmat pilih amung , sekarang saya juga sudah menghilangkan marquee pada friends banner namun saya tampilkan div yang ada scrollnya biar semuanya tampil, jadi kl ada yang ga keliatan kan tinggal digerakin kebawah scrollnya :)
Dikarenakan kepenuhan Friends Banner maka loading therachmat jadi lelet jadi banner2 sobat pindah ke Link n Chat serta ziddu-me , nah sebagai penggantinya saya buat daftar link Cool Blogs ( harap, maklum yah sob) .

iklan diantara postingan juga udah rachmat ilangin, cukup dengan iklan sponsor aj.
iklannya rachmat pindahkan ke channel yang lain seperti ziddu-me serta Link n Chat .
biarlah visitors berkunjung ke situs sponsor atas kehendaknya sendiri (kebaikan hatinya) bukan dari ranjau link yang ditebar diantara postingan.

Mudah2an sekarang loading pages blog ini semakin cepat , serta visitors yang punya BW pas2an bisa mengaksesnya dengan mudah, moga juga dengan sedikit iklan maka visitors lebih nyaman berkunjung ke blog ini :)

Ayo tingkatkan traffic visitor dengan memperbaiki kecepatan loading pages kita !!

sekian tulisan sederhana dari rachmat yang berjudul Loading Pages , mudah2an artikel sederhana ini bisa bermanfaat bagi sobat2 blogger lainnya.


ditunggu komentarnya yach :)

-next article about Ayo Bikin Game
-prev article about Detective Conan Award

28 comments:

blog penghasil uang said...

Hemmm gtu ya :) tapi kadang untuk blog tertentu saya gak bisa membuka itu berarti alasan tersebut Yah :) makasih

Stop Dreaming Start Action said...

blognya cepat kok loadingnya :D

Anisa Kusumawardhani said...

wah, brguna banget nih...
kdang aq suka buka tab bnyak2 bnget gtu...
jdi koneksinya kdang suka lelet...
makasi atas info nya...

Anisa Kusumawardhani said...

oohhh gtu...
kdang aq sering buka tab banyak2, eh bikin lelet koneksinya ternyata itu masalahnya...
wah makasih infonya..

Anisa Kusumawardhani said...

ditunggu next article 'bikin game' nya...
hehehehe

Awal Sholeh said...

berguna mas ilmunya ;) eh iya katanya safari juga cepet buat browsing yah?

J-T said...

Sopo ini yg bilang sderhana sob. buat ane ini ma'nyoss

rachmat said...

@Awal Sholeh, yup safari juga cepet, google chrome juga enginenya kl ga sala safari :)
@ieecha, yup, Insya Alloh aq posting, tp setelah artikel ini banyak yang baca n komen dulu :)
@blog penghasil uang, lum tentu juga sih, banyak faktor yang lain, misal setting pembacanya hanya untuk contact email temen yang diundang, :)
@stop dreaming start action, Alhamdulillah sob,
@J-T, tengkyu sob dibilang ma'nyoss, jadi inget wisata kuliner :)

Fritz said...

Halo, thanks udah berkunjung…..
Tadi pertanyaannya adalah…apakah ikutan viral link tidak akan di ban Google?
Jawab:
Google tidak suka sama viral link, dan segala upaya untuk mengupayakan pagerank di luar peningkatan kualitas isi blog….
Jadi apakah klu kita ikutan viral link akan diban….kemungkinannya 50-50… (artinya jika di dapat oleh Google), makanya jangan sembarangan ikut program viral link)
Lalu kenapa saya ikut? Tentunya saya ikut setelah melakukan beberapa langkah antisipasi keamanan….
1. Saya membuat 1 blog promosi, dan blog ini yang saya hubungkan ke webpage keanggotaan Viral link saya. Saya membuat link saya ke Webpage tersebut menjadi Nofollow, sehingga tidak akan ditelusuri oleh Googlebot
2. Saya membuat link dari blog utama saya ke blog promosi menjadi Nofollow juga, supaya tidak bisa diikuti oleh Googlebot.
3. Memang halaman webpage dari viral link itu melakukan link ke halaman saya, tapi Google tidak akan menghukum anda karena ada blog viral yang menghubungkan diri ke anda. Karena klu google menghukum maka semua blog competitor saya…. sudah saya daftarkan ke viral link, supaya mereka di depak sama Google
4. Apakah mengikuti program viral link ini perbuatan curang? Sudah pasti ya. Tapi jauh lebih baik daripada blogwalking. Setidaknya jika viral link berkembang aktifitas blog walking bisa dikurangi dan kita punya waktu untuk membuat artikel yang berkualitas…. Saya mau menjadi blogger dan bukan blogwalker.

BTW, tadi saya membaca bahwa PR anda turun dan drop abis-abisan….
Saya mau sharing saja. PR itu di dapat dari jumlah backlink. Dan tidak ada hubungannya dengan jumlah pengunjung….
Ada blog PRnya 8 tetapi Alexanya 7 juta, dengan kata lain miskin pengunjung. Lalu kenapa PR anda bisa drop? Sederhana saja, coba cek berapa jumlah orang yang masih memasang link anda. PR itu semacam-bagi-bagi skor…. Orang yang mengandalkan tukaran link untuk PRnya, harus senantiasa tukaran link, soalnya teman yang lain terus tukaran link sehingga skor yang dibagi ke kita semakin kecil.

Contoh dulu skornya PR nya 2 dengan 2 teman link, berarti skor yang dibagi ke kita itu 2/2 atau 1. Tapi sekarang teman tukaran linknya dia dah 100, artinya skor yang dibagi ke kita tinggal 0,02. Klu kita tidak terus menerus tukaran link, maka skor kita akan semakin mengempis…
Apalagi yang bisa membuat PR turun seketika? Blog DOFOLLOW in comment box. Ini akan menjadi sumber kebocoran terbesar, karena setelah diiterasi berulang kali, PR akan semakin bocor. Dan baru-baru ini kabarnya Google melepas kebijakan terbaru Nofollow, artinya Google akan mempenalty yang DOFOLLOW yang di luar kriterianya… Mungkin anda sudah kena scan, …tapi kabar ini juga masih kabar angin….
Saya sendiri tidak mengejar backlink, saya tukaran link untuk alasan trafik. Soalnya tanpa pagerank pun artikel saya pasti terindeks kurang dari semenit, kemudian 24 dari 71 artikel saya sudah ada di halaman pertama Google untuk keyword berbeda. 3 di antaranya di posisi pertama…. PR memang penting, tapi belum menjadi target utama saya….
Sekali lagi trims dah berkunjung….

rachmat said...

@Fritz, sepertinya saya kena penalty dari mbah google nih, huaaa.. :(
keknya aq mau balikin settingnya biar jadi nofollow :)

Alnect Komputer said...

Sebenarnya ini membahas firefox atau pagerank ya he he he he?

rachmat said...

@Alnect Komputer, flexible,hehe...
kykna mr Fritz komennya skalian 2 topik, jadi borongan komentarnya, hehe, tengkyu yah sudah promosi link yang sehat :)

sastra radio said...

makasih, info kerennya mas Rachmat. Kira2 blogku termasuk Lola(lama loadingnya ga ya?)Minta tolong dikoment ya mas?

lukisan abstrak said...

thank you infonya gan,..
sangat bermanfaat buat nambah wawasan blogging

arunaspot said...

waaaaaaaaa saia udah pake tuuuw ff 3.5 hehehe.... thx for info ;)

Kumpul Rupiah said...

Hai sob..makin keren aja..
Ada info menarik,, dah tahu belum peristiwa minggu 19 juli yl yg luput dari liputan infotainment ??. kalau belum tahu.. buruan baca.. ntar ketinggalan kereta..

Bang Kritikus said...

Gimana kabar sob ada award buatmu nich..terima ya lihat di blog saya :)

rachmat said...

@sastra radio, sudah cepet mas
@lukisan abstrak, sama2 tengkyu juga :)
@arunaspot, oke sob sip
@Kumpul Rupiah, iya nanti berkunjung :)
@Bang Kritikus, oke segera meluncur, tengkyu yah :)

AdeS said...

Nice post..
always keep posting friends..

nen's; said...

nice info.. thx ya...

lina-happy family said...

Dapat ilmu lagi nih... Kemarin saya baru download firefox versi 3.5; memeng bener tuh, tambah cepet...

mas doyok said...

aku bawa award buat sobat diambil yaaaaaaaaaaa

Rich Money said...

Salam sukses untuk anda

Fun & Technology said...

Sukses ya...buat blog yg banyak...hahaha...

ziddu-me said...

@semua perkenalkan blog baruku, ziddu-me, tempat donlod gratis, ebook, serta info mobile

noershani said...

mampir juga sob thanks atas infona

bikin web murah meriah said...

artikelnya cakep2 nih.. bookmark d...

Awang said...

Good Post sobat.. Apa kabar nih..

Post a Comment

leave comment here, thanks for visiting
[Friends Link] [Facebook] [Twitter]